profil investor

istilah investor itu apa sih? … gw bilang, investor itu seorang atau lebih dari satu orang, baik yang mempunyai hubungan keluarga atau tidak mempunyai hubungan keluarga, yang memiliki sejumlah uang, baik bukan miliknya sendiri atau yang menjadi miliknya sendiri, yang kemudian dimasukkan ke dalam sebuah sistem investasi (penanaman modal) guna memperoleh hasil yang menguntungkan bagi orang atau orang-orang itu dalam jangka waktu tertentu.
coba perhatikan kata seorang atau lebih dari satu orang: artinya investor mempunyai pengertian yang luas, berhubungan dengan manusia atau kelompok manusia, yang dimungkinkan oleh sebuah sistem keuangan, dalam hal ini dimungkinkan oleh sistem perbankan atau manajer investasi.
lalu liat fragmen kalimat yang mempunyai hubungan keluarga atau tidak, itu berarti luas, mencakup orang-orang yang berkomitmen sebagai sebuah keluarga atau yang tidak berkomitmen sebagai sebuah keluarga.
selanjutnya soal bukan miliknya atau miliknya sendiri, berarti luas, mencakup uang yang berasal dari apa saja sumbernya, dalam hal ini bisa menyerempet dana pencucian uang, walau itu sudah dibatasi dengan pengawasan sang penjual investasi melalui sistem pengawasannya.
kemudian soal sistem investasi, ini berarti luas, yaitu semua jenis penanaman modal mulai dari yang paling aman sampai dengan yang paling tidak aman, dan yang paling menguntungkan menurut pandangan investor sampai dengan yang paling tidak menguntungkan menurut pandangan investor.
lalu terakhir soal yang dimungkinkan oleh sistem perbankan atau manajer investasi, berarti luas, karena produk investasi bisa diperoleh melalui bank atau sebuah institusi yang diakui undang-undang negara sebagai lembaga keuangan yang bergerak di bidang investasi keuangan. tetapi dalam hal ini juga berarti sempit, karena investasi terbatas pada bentuk fisik kertas berharga, atau yang setidaknya ada secarik kertas statemen yang dinyatakan sebagai laporan atau bukan laporan perkembangan investasi itu. dengan perkembangan teknologi informatika, kertas itu sudah menjadi dokumen paperless.
jangka waktu tertentu, ini adalah soal fundamental kenapa investor mau berinvestasi? karena setelah menanam modal, waktu sesudahnya langsung berarti future value. sedetik, kek, sehari kek, setaon kek, sepuluh taon kek, itu artinya sudah future value. walau dalam sistem keuangan biasanya dipakai rentang waktu minimal 1 bulan, atau 1 taon. nah bagi investor yang dengan sadar berambisi untuk memperoleh future value yang menguntungkan dalam waktu singkat, oleh sistem keuangan n hukum itu dimungkinkan.
itu aja uda bikin mumet yaow…. begitu lah… mau jadi investor kalau mau aman secara hukum negara, maka harus masuk dalam ruang lingkup hukum … definisi di atas langsung terkait persoalan-persoalan hukum yang lumrah di sistem keuangan. jadi, minimal ketika menjadi investor, 2 hal yang perlu dipertimbangkan secara sistem yaitu sistem hukum dan sistem keuangan.

investor seperti apa yang bisa memahami kondisi di atas? tentu saja investor yang sadar bahwa 2 sistem itu ada. apakah ada investor yang tidak sadar bahwa kedua sistem itu ada? ya ada saja investor yang tutup mata kedua soal itu, karena tidak mau atau tidak mampu memahami adanya kedua sistem itu. investor ini memiliki risiko paling tinggi. gw bilang, ini investor extraordinarily risk taker investor. risk taker investor yang juga gawat adalah yang tidak mampu memahami kedua sistem itu, padahal investor itu sebenarnya mau banget belajar n menjadi sadar tentang kedua sistem di atas. karena ketika risiko administrasi dan sistemik datang, investor tidak akan mampu menolong dirinya sendiri, sementara institusi atau individu yang diandalkannya juga tidak mau atau tidak mampu menolongnya. jadi, ideal investor adalah yang mau n mampu memahami kedua sistem itu secara baik n benar. apakah ada investor seperti itu? mungkin ada, gw ga tau sih.

apakah semua jenis profil investor yang terkait soal awareness terhadap kedua sistem itu bisa mendapatkan hasil yang menguntungkan? biasanya, semua investor bisa mendapatkan keuntungan keuangan n hukum walau pun extraordinarily risk taker investor sekali pun. jadi, keuntungan keuangan n hukum bisa saja tidak memperdulikan soal investor itu sadar atau tidak sadar. bisa saja investor koma, tapi keluarganya malah memperoleh keuntungan karena kesadaran akan kedua sistem itu justru lebih dikuasai oleh keluarganya. begitu complicated yaow, begitu lah.

Diterbitkan oleh bumi2009fans

JO membagikan info dan analisis ringkas terkait info ekonomi global dan makro sambil trading zsaham aza zseh

Tinggalkan komentar