eK0n0mi taK seriU$ d/h ekonomitakserius@blogspot.com

Desember 12, 2011

playboy: penakluK infla$1 … 121211

Filed under: Investasi Umum — bumi2009fans @ 3:38 pm

Emas dan Saham Kalahkan Inflasi
Anastasia Joice | Robert Adhi Ksp | Senin, 12 Desember 2011 | 20:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada tahun 2012, strategi investasi apa yang dapat dilakukan para investor ?

Ekonom dan Direktur Hubungan Investor Bahana TCW Budi Hikmat pada risetnya yang dipublikasikan di Jakarta, Senin (12/12/2011) mengungkapkan beberapa kiatnya.

Selain menghindari kehilangan pokok investasi (capital preservation), pertimbangan utama berinvestasi adalah mengalahkan inflasi. Pasalnya inflasi menggerus daya beli yang secara efektif mengurangi kemakmuran. Berdasarkan kedua pertimbangan ini, baik emas dan saham terbukti dapat mengalahkan inflasi.

“Selama lima tahun terakhir, kinerja emas dapat menyeimbangi saham. Hal ini sangat terkait kelebihan likuiditas yang tidak hanya menyebabkan pelemahan dollar dan inflasi sebagai faktor tradisional yang mendorong harga emas. Namun, kelebihan itu telah menurunkan bunga yang menyebabkan biaya penyimpanan emas menurun drastis,” ujarnya.

Kenaikan harga emas juga diduga sebagai akibat tindakan bank sentral negara berkembang yang melakukan diversifikasi cadangan devisa dengan mengurangi dollar. Dengan kenaikan harga emas yang cukup tinggi, prospek harga emas sangat tergantung apakah bakal terjadi kelebihan likuiditas.

“Kami duga the Fed akan lebih berhati-hati menggelontorkan likuiditas akibat sudah tingginya pertumbuhan uang beredar. Sementara itu kebutuhan likuiditas untuk re-financing utang bakal membuat suku bunga internasional bergerak naik,” katanya.

Dengan pertimbangan ini, emas memiliki lebih banyak pesaing. Namun berdasarkan pertimbangan capital preservation and inflation protection, persoalannya bukan masalah “emas atau saham” melainkan “emas dan saham”.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: