eK0n0mi taK seriU$ d/h ekonomitakserius@blogspot.com

Desember 15, 2008

kok gitu sih: orang selalu bertanya, gimana gw kini?

Filed under: Investasi Reksa Dana — bumi2009fans @ 4:05 am

ya … biasa aja tuh … business as usual … yang udah pasti, bokin masih punya penghasilan tetap … anak gw sekolah di oz masih belajar dan maen (hobi) seperti biasa … ntar lagi mau gw jenguk … lalu soal investasi gimana? masih jauh dari bangkrut sih …
coba gw bandingkan dengan kisah2 yang gw dengar dari orang2 lain:
– ada yang tadinya naek sedan Accord, lalu dijual, dan saat saham ambrol, sekarang naek toyota kijang kapsul
– ada yang terkena serangan stroke dan koma, karena 3 M dananya nyangkut di bursa saham indonesia
– ada yang mendiamkan saja, ga punya daya pikir lagi untuk menentukan strategi dan taktik investasinya
– ada yang cuma bisa marah besar, dan ngomel2 menyalahkan orang2 yang membujuknya untuk ikutan bermain saham, apalagi saham di luar negeri, termasuk di shanghai
– ada yang putus asa dan bohwat, ga mau lagi berinvestasi di produk2 yang terkait bursa saham
– ada yang marah2 menyalahkan orang2 optimistis realistis model gw, tentu saja lewat e-mail, karena seakan2 gw menganjurkan mereka masuk lagi saat reksa dana saham sedang terpuruk

– tapi ada juga yang memasang iklan di radio bisnis jakarta bahwa imbal hasil strategi option mereka adalah RATUSAN PERSEN … well, gw mah cuma dapat paling banter 30% dalam beberapa minggu

kesimpulan: pegangan utama gw adalah diversifikasi, dan long term view … diversifikasi, mulai dari investasi aman s/d berisiko tinggi (termasuk reksa dana berbasis saham) … long term view artinya gw memanfaatkan dana2 nganggur dan belum dibutuhkan pada saat ini, gaya hidup gw cukup nyaman dan cukup hemat, tidak terlalu bernafsu tinggi untuk mengejar keuntungan ribuan persen dalam waktu 1-2 taon (seperti yang terjadi pada beberapa saham berkapitalisasi besar, contoh bumi, antm, tins, aali, lsip); ada saatnya gw akan membutuhkan dana cukup besar untuk memenuhi kebutuhan gw, saat itu gw gak akan ragu2 meredeem reksa dana saham atau lain2nya sekaligus profit taking dan persiapan dana untuk masuk kembali/re-subscribe
supaya ga terlalu ketinggalan peluang, gw juga memanfaatkan beberapa puluh jt untuk maen pendek (short-term) dan hasilnya gw harapkan bisa memperbaiki imbal hasil gw jangka pendek … kelihatannya sudah terjadi

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Blog di WordPress.com.

